BANDUNG.WM – Sejalan dengan visi untuk Menjadi peusahaan ternama di Indonesia yang berlandaskan ide dan inovasi, dan terus bergerak untuk menjadi perusahaan yang mendunia tanpa meninggalkan nilai-nilai lokal, PT. Kino Indonesia, Tbk, kembali menggelar Kino Youth innovator 2018. Kompetisi tahunan ini bertujuan untuk memotivasi kaum muda agar kreatif dan berani berinovasi untuk memenangkan kompetisi di era paser bebas ini.
Menurut M. Rahmat. Senior Manager Product Innovation PT. Kino Indonesia, Tbk, ’Kino Youth Innovator Award’ di adakan berlatar belakang dari semangat inovasi yang Ielah dilakukan oleh Kino dalam setiap proses kerjanya. Semangat inovasi ini berhasil membuat Kino menjadi perusahaan lokal yang dikenal di Indonesia, bahkan berhasil merambah ke dunia internasional.
Kino sadar betul bahwa, dengan diberlakukannya MEA atau masyarakat ekonomi ASEAN, kompetisi dunia industri, ekonomi maupun tenaga kerja tentu saja akan semakin ketat. Pada era ini, akan terjadi aliran bebas barang, jasa dan tenaga kerja terlatih serta aliran investasi. “Diberlakukannya MEA ini justru menjadi tantangan dan peluang bagi bangsa Indonesia untuk memenangkan persaingan. dan inovasilah kuncinya,’ jelas M. Rahmat saat membuka Kino Youth Innovator Award, kampus ITB, Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung,Senin, (23/4)
Rahmat Menambahkan Kino Youth Innovator Award (KYIA) pertama kali diadakan tahun 2016. Sebagai ajang kompetisi inovasi tahunan. KYIA menyasar ide-ide terbaru dari mahasiswa seluruh Indonesia. Bila di tahun 2016 mengangkat tema Build Up A Glocal innovation, dan Advancing Indonesia Through Local Heritage di tahun 2017, tahun 2018 ini bertema Empower Life Through Nature. Melalui kompetisi ini, Kino kembali mengajak kaum muda untuk mengedepankan sumber daya lndonesia untuk memenangkan kompetisi pasar. ‘Glocal atau dari lokal menuju global, memang menjadi titik berat kompetisi ini, karena kami yakin bahwa Indonesia kaya akan sumber daya lokal, dan untuk menjadi pemenang, kita harus beranl mengangkat apa yang ada di dalam, untuk dibawa keluar,‘ tuturnya
Sebagai rangakaian dari KYIA, Kino mengadakan Road to KYIA 2018, talkshow bertema ‘Tomorrow‘s Innovator, Embracing Challenges, Shaping the Future” diadakan di 12 universitas di Indonesia, dua diantaranya Universitas Indonesia (13 April) dan lnstitut TeknoIogi Bandung (23 April). Selain perwakilan dari PT. Kino Indonesia, Tbk, talkshow ini menghadirkan Diaspora Indonesia, wadah orang Indonesia yang berkarya di luar negeri, yang diwakili oleh Mulya Amri, Urban Development & Public Policy Specialist, National University of Singapore (Universitas Indonesia) dan Ayleen Wisudha, Vice President ItChair indonesian Diaspora Network UK and Rep. Ireland (lnstitut TeknoIogi Bandung). Talkshow ini membahas mengenai tantangan kompetisi global yang akan dialami oleh kaum muda mendatang. “lndonesia lebih inovatif daripada yang kita pikirkan. saat ini Indonesia berada pada indeks 3, di atas rata-rata dari Global Competitiveness index secara keseluruhan,‘ jelas Ayleen Wisudha. Optimisme daya saing lndonensia ini.Hal itu Juga diungkapkan, selama manusia lndonesia berani bennovasi dan mampu mengoptimalkan sumber daya lokal Indonesia. maka indeks kompetisi Indonesia akan semakin meningkat,Kata, Rahmat
Informasi mengenai Kino Youth Innovator Award ini telah disebar ke lebih dari 100 universitas seluruh Indonesia. ‘Kami berharap di tahun ini, paserta KYIA meningkat dibanding tahun sebelumnya. Karena ajang ini sebenarnya adalah tantangan dan tolak ukur apakah anak muda Indonesia berani berinovasi dan mengoptimalkan diri menjadi sang innovator,’ tutup M Rahmat.
Mengenai Kino Youth Innovator Kino Youth Innovator Awand (KYIA) merupakan kompetisi ide-ide terbaru dari generasi muda. Bertujuan untuk memotivasi
generasi muda agar berani berinovasi, menemukan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi masyarakat. kompetisi ini diadakan sebagai kompetisi tahunan yang diikuti oIeh mahasiswa berbagai universitas di Indonesia.pungkas,Rahmat
Kino Youth Innovator Award diadakan daiam berbagai tahapan, seperti campus roadshow, innovation submition, finaI defence challange dan awarding. Di tahun 2018 ini, semua tahapan akan diiaksanakan mulai Februari hingga Agustus 2018.
Adapun kriten’a yang akan menjadi penilaian adaIah:
- Original, dari ide sendiri, belum pernah diikutkan daIam kompetisi
- Efektivitas inovasi, bagaimana penemuan tersebut dapat memecahkan masalah atau menjawab kebutuhan masyarakat.
- Inovasi tersebut harus dapat diaplikasikan dan diterima oIeh pasar konsumen.
Kino Youth Innovator Award dapat diikuti semua mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia. Untuk Informasi lebih Ianjut mengenai KYIA dapat diiihat pada www.kino.co.id/kinoyouthinnovator, atau account Instagram @kinoyouthid.
Discussion about this post