BANDUNG | WALIMEDIA.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus meningkatkan dan memperkuat sistem pengelolaan pengaduan publik melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) sebagai bagian dari pelayanan publik prima pada masyarakat.
Hal ini ditegaskan dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan SP4N LAPOR! yang digelar di Atlantic City Hotel, Rabu 30 April 2025. Acara ini diikuti 107 admin LAPOR! dari seluruh perangkat daerah di Kota Bandung.
Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Darto menyampaikan, keberadaan SP4N LAPOR! harus terus diutamakan sebagai kanal utama aduan masyarakat kepada pemerintah.
“SP4N LAPOR! adalah satu-satunya kanal resmi pengaduan yang diakui pemerintah pusat hingga daerah. Jadi harus kita dorong dan prioritaskan. Efeknya nyata—ada pejabat yang turun jabatan, bahkan diberhentikan karena laporan masyarakat,” ujarnya.
Ia mengungkapkan, hingga 31 Maret 2025, terdapat 194 aduan yang masuk melalui kanal ini. Kendati demikian, jumlah laporan bukan satu-satunya tolok ukur kinerja. Respons cepat terhadap aduan menjadi indikator penting.
“Hal yang dinilai adalah response time, bukan hanya kuantitas aduan. Tapi kita juga harus jeli, karena ada laporan ringan yang bisa selesai lima jam, ada juga yang berat dan butuh waktu hingga bertahun-tahun. Ini harus jadi perhatian dalam menilai kualitas penyelesaian kasus,” kata Darto.
Dengan sinergi dan kolaborasi dari seluruh OPD, pelayanan aduan masyarakat dapat semakin baik dan responsif. Untuk itu, Darto mengapresiasi para admin LAPOR! atas kerja keras dan dedikasi mereka melayanani aduan dari masyarakat.
“Saya tahu betapa berat tugas teman-teman dalam merespons berbagai pengaduan masyarakat. Tapi ini adalah bagian dari komitmen kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga Bandung,” katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Diseminasi Diskominfo Kota Bandung, Susi Susanti mengatakan, sinergi dan koordinasi antaradmin menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas layanan pengaduan.
“Kehadiran kita di sini mencerminkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Peran admin LAPOR! sangat penting sebagai garda terdepan dalam menampung dan menindaklanjuti keluhan masyarakat,” ucapnya.
Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kota Bandung tengah serius menyelesaikan berbagai aduan masyarakat mulai dari perbaikan jalan rusak, perbaikan penerangan jalan umum (PJU) dan penanganan sampah.
Dalam kegiatan ini, tiga narasumber hadir untuk memperkuat kapasitas para admin, di antaranya:
– Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Fitry Agustine yang menyampaikan materi tentang pengelolaan SP4N LAPOR!
– Ketua Tim Penguatan Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Kota Bandung, Yusuf Cahyadi yang memaparkan peningkatan layanan laporan masyarakat.
– Admin Lapor Utama Pemkot Bandung, Saeful Hidayah yang berbagi praktik baik dan pengalaman dalam mengelola laporan masyarakat. **
Discussion about this post