“Dengan berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per 31 Desember 2022 lalu oleh pemerintah, kami melihat tren perjalanan baik domestik maupun internasional terus meningkat, terlebih di masa libur Lebaran 2023 nanti,” kata pimpinan pemasaran Traveloka Shirley Lesmana, dalam siaran pers, Selasa (28/3/2023).
Riset internal Traveloka menunjukkan jumlah konsumen yang merencanakan liburan pada periode libur Lebaran 2023 meningkat dilihat dari lonjakan penerbangan domestik yang mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan musim libur Lebaran tahun lalu.
Menurut data Traveloka, 34 persen pengguna memiliki preferensi baru terhadap rencana perjalanan mereka bersama keluarga untuk libur Lebaran. Platform itu menemukan terdapat 48 persen pengguna yang menyatakan rencana berlibur saat musim libur Lebaran 2023, baik domestik maupun mancanegara.
Destinasi favorit selama libur Lebaran 2023 versi Traveloka adalah Bali, Surabaya, Medan, Padang dan Yogyakarta. Tidak hanya pesawat, konsumen juga tertarik bepergian dengan kereta api, bus dan shuttle serta mobil pribadi.
Sementara untuk destinasi internasional, Traveloka mencatat minat konsumen mengunjungi Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan dan Jepang.
Saat ini platform itu juga sedang menyiapkan sistem dan layanan mereka untuk menghadapi lonjakan lalu lintas pengguna menjelang libur Lebaran, di samping mengadakan promosi tiket transportasi. (na/den)
Discussion about this post